PAFI Mamberamo Raya Bersinergi Meningkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan di Papua

pafimamberamoraya

Mamberamo Raya merupakan kabupaten yang berada di provinsi Papua. Diketahui, istilah "MAMBERAMO" berasal dari bahasa Dani, yaitu Mambe dan Ramo. Mambe artinya besar, sedangkan Ramo artinya air.

Di sisi lain, nama Mamberamo konon jugadiambil dari nama sebuah nama sungai yang terdapat di Papua, yaitu Sungai Mamberamo. Sungai ini terletak di sebelah selatan Pegunungn Foja, Kabupaten Sarmi, Provinsi Papua dengan panjang 670 km.

Apabila di lihat dari letak geografinya, sebagian besar wilayah di kabupaten ini memang dikelilingi oleh sungai. Sehingga tidak heran jika Kabupaten Mamberamo Raya populer dengan keanekaragaman hayati nya.

Akan tetapi, karena kondisi lingkungan yang sangat lembab menjadikan wilayah Mamberamo Raya rentan terhadap penularan berbagai macam penyakit, terutama malaria. Maka untuk mengatasi lonjakan yang mungkin saja terjadi, Dinas Kesehatan Papua, Puskesmas dan tenaga kesehatan profesional lainnya termasuk Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI) berkomitmen untuk terus memantau  distribusi obat dan sarana pelayanan kefarmasian agar masyarakat tetap merasa aman khususnya dibidang obat dan makanan.

SEJARAH PAFI (Persatuan Ahli Farmasi Indonesia)

peran PAFI Mamberamo Raya

Omong-omong soal kefarmasian, PAFI adalah organisasi profesi tertua yang ada di Indonesia. PAFI terbentuk pada tanggal 13 Februari 1946, di Yogyakarta, dan merupakan organisasi yang bersifat kekaryaan dan pengabdian. Di mana sesungguhnya, para Ahli Farmasi sudah ada sejak diproklamasikan nya kemerdekaan Republik Indonesia.

Adapun visi PAFI ialah menjadi organisasi superior yang selalu memprioritaskan kesehatan masyarakat melalui farmasi yang berkualitas. Agar dalam perjalanannya tetap selaras dengan visi yang telah ditentukan, PAFI kemudian menetapkan misi-misi yang diharapkan dapat tercapai, sebagai berikut:

  • Meningkatkan kemampuan dan pengetahuan anggota yang tergabung di dalamnya
  • Menunjang upgrade ilmu pengetahuan dan teknologi farmasi agar selalu up to date
  • Membimbing sekaligus membantu kesejahteraan para member
  • Meningkatkan partisipasi dalam pelayanan kesehatan masyarakat
  • Menjalin kerjasama dengan organisasi profesi lainnya baik di tingkat nasional maupun internasional


FUNGSI DAN PERAN PERWAKILAN PAFI DI DAERAH

Walau terbagi menjadi delapan distrik yang dipisahkan oleh sungai, BBPOM Jayapura selaku Unit Pelayanan Teknis  memastikan bahwa pendistribusian obat dan makanan di seluruh wilayah Kabupaten Mamberamo Raya tetap efektif. Tujuannya, agar masyarakat mendapat kemudahan terhadap  akses pelayanan kesehatan.

Dalam hal ini, pemerintah bersinergi dengan Pafi cabang daerah untuk melakukan pengawasan kefarmasian dan sarana distribusi pangan. Di mana pafimamberamoraya bertugas mengedukasi dan menginformasikan kepada segenap instalasi kesehatan pemerintah untuk selalu memastikan produk obat-obatan yang akan dikonsumsi  masih dalam kondisi baik, tidak rusak, tidak kedaluwarsa dan sudah terdaftar ataumemiliki izin edar.

KOLABORASI PAFI UNTUK NEGERI

PAFI cabang Papua

Pengelolaan obat memiliki peranan penting dalam memastikan ketersediaan obat dalam pelayanan kesehatan. Pengelolaan obat bermaksud untuk memenuhi  ketersediaan  obat berkualitas baik, beredar secara merata, jenis serta jumlah nya sesuai kebutuhan pelayanan kesehatan.

Dalam rangka mengkonfirmasi ketersediaan obat-obat itulah, PAFI bersama dinas kesehatan Papua terus berupaya mengatur pengelolaan obat dengan baik serta sinkron dengan standar dan didukung oleh organisasi, anggaran, sarana prasarana dan sistem berita yang memadai agar tidak terjadi kekurangan atau kelebihan obat serta menjamin mutu obat.

Oleh karena itu, manajemen logistik obat dan perbekalan kesehatan yang baik dapat memberikan kemudahan dalam pengelolaan, pengadaan, penyimpanan, dan pendistribusian suatu obat.

KESIMPULAN

Dengan demikian, peran PAFI Mamberamo Raya sangatlah penting dalam meningkatkan kemahiran sekaligus pembina pelaksanaan serta supervisi terhadap upaya pelayanan kefarmasian pada rumah sakit serta puskesmas dalam rangka kendali mutu serta kendali porto, juga menaikkan pemahaman pada penerapan Formularium Nasional di fasilitas pelayanan kesehatan, khususnya di provinsi Papua.

Referensi: 

  • https://pafimamberamoraya.org/profil_pafi/
  • https://papua.bpk.go.id/kabupaten-mamberamo-raya/
  • https://papua.tribunnews.com/2024/06/05/pafi-gayo-lues-wujudkan-pelayanan-kesehatan-terbaik-untuk-masyarakat
  • https://www.rri.co.id/kesehatan/162397/organisasi-profesi-tertua-pafi-wadah-pekerja-bidang-farmasi
  • https://jayapura.pom.go.id/berita/pengawasan-distribusi-obat-dan-makanan-di-kabupaten-mamberamo-raya-oleh-balai-besar-pom-di-jayapura
  • https://dinkes.papua.go.id/pengelolaan-obat-publik-perbekalan-kesehatan-2023/
Narasi Nia
Hi, Welcome to Narasi Nia... This blog about lifestyle and special needs that focuses on health, women's sundries and down syndrome... Narasi Nia was released on July 20, 2020. Was written and edited by Elok Faiqotul Hikmah as the founder of Heizyi Network... This blog also accepts all forms of compensation from advertisement, sponsorship, affiliates, competition, giveaway and other... Contact: halo.mbaknia@gmail.com

Related Posts

Post a Comment

Stay Update!